Selasa, 10 Januari 2012

CLAY

HANDICRAFT CLAY


















Jenis Jenis Clay

Penggunaan clay dengan berbagai jenisnya sebagai bahan baku pembuatan kerajinan tangan saat ini sudah mulai dikenal luas di Indonesia. Adapun jenis-jenis yang umumnya dikenal adalah:
Polymer clay :Polymer clay memiliki warna-warni yang menarik dan dapat disimpan dalam jangka waktu relative lama. Kelemahannya adalah harganya cukup mahal serta harus menggunakan oven untuk memanggang.

Air Dry Clay :
 Paper clay
Paper clay merupakan salah satu jenis air dry clay, penggunaannya cukup praktis karena tidak memerlukan pemanggangan. Teknik yang cukup sulit pada paper clay adalah pada saat pewarnaan karena harus mencampur sendiri. Untuk penyimpanan paperclay harus disimpan dalam wadah yang sangat tertutup sebab jika tidak akan cpt mengeras.
 Clay tepung
Merupakan sala satu jenis air dry clay yang murah dan dapat dibuat sendiri dirumah. Terdiri dari campuran tepung tapioca, tepung beras, terigu dengan perbandingan 1:1:1 dan ditambahkan pula pengawet makanan (agar hasil tidak berjamur).
 Soft clay
Merupakan alah satu varian air dry clay yang pertama kali diperkenalkan di Jepang.. Clay ini memiliki tekstur yang ringan dan lembut.
 Selain jenis-jenis yang telah disebutkan diatas tentunya masih banyak jenis lainnya lagi yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Pemilihan jenis clay pada dasarnya dapat disesuaikan dengan selera, kebutuhan, dan anggaran anda masing-masing.
  •  Peralatan

 Dalam membuat kerajinan clay pada dasarnya anda tidak memerlukan peralatan khusus, namun saat ini beberapa toko craft supplies sudah ada yang menjual beberapa peralatan khusus untuk mempermudah para hobiis clay.
 Anda dapat menggunakan beberapa peralatan dasar yang banyak terdapat dirumah seperti: gunting kecil, cutter, penggaris, lem putih, ballpoint, bubuk pemulas mata, cat air /pinset/ minyak, pinset, jarum, glitter, cat kuku bening sebagai varnish dll.
 Namun jika anda menginginkan alat yang lebih praktis agar hasil akhir karya anda lebih sempurna, ada baiknya anda menggunakan beberapa peralatan dan perlengkapan tambahan seperti dibawah ini:
Slicing blade, shaping tools, craft pinset, needle tool, special glossy varnish, resin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar